MKV vs MP4 vs AVI

Bwt yang hobi nonton film pastinya dah umum sama 3 hal diatas.MKV,AVI dan MP4 adalah format kontainer yang biasanya diisi dengan audio dan video.Penggunaannya secara umum ya dapat diliat pada film2 ato tv show yang dah biasa kita donlot dari internet.Nah mungkin banyak yang belum tau bedanya apa,makanya di posting gw kali ini gw bakal nyoba menjelaskan bedanya apa ke kalian.

Simpelnya bisa diliat dari tabel yg gw sadur dari Wikipedia dibawah(klik aja gambarnya kalo ga jelas)



 

Dari tabel diatas dapat disimpulkan:

MKV

*merupakan kontainer yang serba bisa dan lebih fleksibel

*sudah support subtitles baik soft maupun hardsub

*standarnya terbuka(lisensi penggunaan gratis)

*mampu menampung multiple subtitle,audio dan vidio(yang pernah nonton film dengan audio dwilingual pasti tau maksudnya)

AVI

*merupakan kontainer yang sedikit lebih terbatas karena butuh modifikasi agar bisa sesuai harapan(modifikasi pada kontainernya pada software encodingnya)

*sudah support subtitles baik soft maupun hardsub

*standarnya terbuka(lisensi penggunaan gratis)

*tidak mampu menampung multiple subtitle,audio dan vidio.Karena itu banyak film dengan format AVI butuh subtitle terpisah ex:.SRT ato.ASS

MP4

*merupakan kontainer yang sedikit lebih terbatas karena butuh modifikasi agar bisa sesuai harapan(modifikasi pada kontainernya di software encodingnya)

*sudah support subtitles baik soft maupun hardsub

*standarnya terbuka(lisensi penggunaan gratis)

*tidak mampu menampung multiple subtitle,audio dan vidio.Karena itu banyak film dengan format MP4 butuh subtitle terpisah ex:.SRT ato.ASS

Yah kira2 gitu deh gambaran perbedaan dari ketiga kontainer diatas.CMIIW

 

Advertisements

13 thoughts on “MKV vs MP4 vs AVI

    1. Utk kompresi bagusan make avi ato mp4. Karena mkv memecah semua komponen(audio dan video) agar kualitas terjaga sedang saat dikompres penurunan akan signifikan. Dengan mp4 atau avi yg dirangkap menjadi 1 file hasil kompresi terjaga kualitasnya cmiiw

      1. numpang tanya gan, gimana cara ngepasin subtitle yang timingnya molor terus (awalnya pas tapi lama kelamaan telat)? format film mp4, format subtitle srt. apakah video harus dikonvert dulu? formatnya apa? makasih banyak sebelumnya gan..

      2. untuk ngepasin subtitle sebenarnya aga susah sih.kalo mau nyoba ada software yg namanya aegissub.tutorialnya banyak kok di internet.kalo saya bilang enakan cari yg lain aja hehehe.apalagi kalo subnya telat ga nyampe sedetik.makin susah kan

  1. Mau nanya gan….. kalo kita mau ngesub raw anime kita dapetnya MP4 trus kita convert ke MKV hasilnya baru di encode sama subtitlenya hasilnya gimana apakah bagus atau acak acakan?

    1. Hi Bro,selama timing subtitlenya pas harusnya g ada isu.sebagai perbandingan banyak yg convert mkv k mp4 berikut subtitle untuk ditonton di android dan ga ada masalah

  2. Hohoho…. Ini sih mainan saya sehari-hari :”v
    tapi, saya sering kesulitan dalam mengkonversi,,
    contohnyakan :
    saya mengkonversi dari mkv Sebesar 64.mb ke mp4 hasilnya menjadi 148 mb.
    Kan jadi boros bgt hp saya >.<

    pakai formatfactory

  3. Gan mau nanya aku sering download video streming unduhnya lancar, setelah dpt filenya flv, masalahnya filenya utuh kok putus aku coba konvert tetap filenya putus, tolong gimana solosinya ?
    Trimah kasih.

    1. Saya cenderung lihat kalo downloadnya bermasalah. Mungkin bisa dibandingkan dengan menggunakan beberapa tool, seperti coba download lwt idm, lalu coba juga lwt keepvid. Lihat mana yg bermasalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s