Garansi Lama vs Garansi Pendek

Td pas kuliah manmut dosennya ngasi suatu statement kalo di negara maju kyk Jepang garansi terhadap barang yang dijual disana diusahakan sependek2nya untuk membuktikan kalo produk mereka bermutu.Lah kok gitu,bukannya dengan ngasi garansi lama adalah cara pembuktian mutu suatu produk?

Nah setelah dipiki – pikir dua2nya bener kok.Tergantung dari perspektif mana kita ngeliatnya aja.Nah mari kita bahas kelebihan garansi panjang dan garansi lama ini.

Garansi Lama

Memberi rasa aman bagi produsen dengan garansi lama adalah cara promosi yg paling ajib bagi sejumlah produsen.Ini membuktikan keyakinan mereka pada barang yang mereka produksi.Konsumen pun akan menaruh rasa percaya dan pengaharapan yg sgt tinggi pada barang yang dijual produsen karena embel2 support selama x tahun.Strategi ini kalo gw analisis cocok diterapkan oleh produsen yg baru terjun ke dalam bisnis manufaktur.

Garansi Pendek

Nah,kalo garansi pendek kalo diterangkan dosen gw td tujuannya karrena biasanya produsennya yakin bener ma produknya sehingga berani melepasnya tanpa garansi.Kalo di Jepang ini kyknya wajar.Negara yg sgt perfeksionis kan mereka.Sebagai contoh liat aja HP/ponsel dari Jepang.Sesuai deskripsi barang yg gw baca di Kaskus,setiap ponsel ‘Made In Japan’ wajib lolos quality control super ketat.Cacat dikit pasti discrap ma produsennya.Jd setiap produk yg dijual dah yg terbaik deh.Kalo yg hobi overclock CPU mungkin istilahnya goldbatch.Bedanya semua produk masalnya yg ‘Made In Japan’ goldbatch semua looo.Analisis gw strategi ini pastinya diterapkan oleh produsen yang dah punya nama di pasar.Mana berani mereka promosi kyk gini tanpa bukti,ya gak !

Kesimpulan gw kedua strategi sebenarnya menarik,dua2nya juga bisa dijadikan cara promosi yg unik dalam menjual produk.Selama penerapannya ga asal main pasang aja,karena tentunya harus disesuaikan ma mindset dari konsumen kan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s