Review Mifi Huawei E5573s-606

Dikarenakan satu dan lain hal, akhirnya saya membeli mifi untuk menunjang kebutuhan berinternet melalui provider seluler. Dengan semakin meratanya jaringan 4G dan murahnya kuota, provider seluler menjadi cukup terjangkau meskipun anda adalah power user.

Sebelumnya mari kita bahas apa itu mifi. Menurut wikipedia, mifi adalah wireless router yang juga berfungsi sebagai mobile hotspot. Simplenya dengan memiliki mifi, anda akan dapat terkoneksi ke jaringan internet secara wireless tanpa mengaktifkan jaringan data di ponsel atau tablet anda. Tampak mifi bisa dilihat dibawah. 

Mifi tentunya sekarang sudah cukup terjangkau dimana smart dan bolt menawarkan paketan mifi sekitar 200-300 ribu, tapi sayangnya mifi yang dijual rata-rata locked. Locked disini berarti hanya kartu provider smart atau bolt yang bisa digunakan pada mifi tersebut. Jadi meskipun terjangkau, jika provider tersebut tidak bagus ditempat anda berencana memakainya maka uang akan terbuang percuma.

Disini lah mifi unlock alias bisa menerima kartu provider seluler apapun menjadi pilihan aman. Meski harganya mahal, anda tinggal melakukan trial dan error untuk menemukan provider terbaik di lokasi penggunaan.

Pada review ini saya akan membahas mifi merek Huawei tipe E5573s-606. Mifi ini saya dapatkan di tokopedia seharga 655rb ( MODEM WIFI HUAWEI E5573 4G Lte All GSM – welvarindo jaya | Tokopedia https://www.tokopedia.com/welvarindo-86/modem-wifi-huawei-e5573-4g-lte-all-gsm). Tapi dengan diskon harbolnas dan adanya saldo tokopedia, saya hanya membayar sekita 600rban untuk mifi ini.

Harganya mungkin tergolong mahal, tapi melihat kemampuannya saya rasa harganya cukup kompetitif. Hal ini karena:

– 100% unlock. Bisa jalan dengan operator apapun. Saat ini sudah dicoba dengan 3, XL, Indosat dan Smartfren

– Bisa beroperasi tanpa baterai. Mifi biasanya tidak akan jalan tanpa baterai. Jadi makipun dicolok listrik, tanpa baterai atau dummy baterai maka mifi tidak akan hidup. Mifi Huawei ini berjalan lancar saat langsung dicolok ke listrik melalui port micro usb.

– Support band 4G operator ternama seperti XL, Indosat, Telkomsel dan Smartfren.

– Huawei sudah membuat aplikasi untuk IOS dan Android supaya tidak perlu mengakses menu setting lewat browser. Nama Aplikasinya adalah Huawei Hilink yang penampakannya bisa dilihat dibawah.

– Daya tahan batere 1500mah mifi ini bisa bertahan untuk sekitar 4-5 jam pemakaian secara konstan.

Kesimpulan dari review ini adalah mifi ini merupakan produk yang menarik karena jika anda butuh mifi unlock dan rencananya akan diabuse, maka modem ini adalah pilihan tepat. Abuse disini maksudnya penggunaan secara terus menerus, diaman pada mifi biasa akan merusak baterainya dalam jangka waktu lama.

Dibawah bisa dilihat foto produk dan hasil tes koneksi 4G di daerah jagakarsa cipinang yang akan jadi tempat modem ini akan dipakai.

Berikut adalah foto foto produknya. 


Penampakan aplikasi Huawei Hilink dan Web UI Mifi Huawei E5573

Berikut adalah hasil Speedtest di daerah Apartemen Bassura Jagakarsa Cipinang. Tes dilakukan sekitar jam 2-3 sore. 

Provider XL


Provider Indosat


Provider 3


Provider Smartfren


Provider Telkomsel (tes dilakukan melalui Iphone 6, bukan melalui mifi)

4 thoughts on “Review Mifi Huawei E5573s-606

  1. tanpa batrei trus colok listrik langsung, bisa ya gan.. aman aja yaa? soalnya pengen buat router CCTV rumah..

Leave a comment